Artikel : Baptisan Air dan kebenaran
penulis : Rollie Igir (founder IFS)
Baptisan air merupakan hal yang sering diperdebatkan.dan sampai saat ini banyak gerakan-gerakan yang begitu ngotot membenarkan model pembaptisan mereka. apakah ada cara baptisan yang lebih tepat?
memahami baptisan secara praktis memerlukan peninjauan secara praktis mengenai pengalaman-pengalaman tertentu didalam Alkitab tentang pernyataan-pernyataan Firman Tuhan tentang apa fungsi baptisan. jika tidak maka pemahaman kita tentang baptisan akan menjadi kacau balau dan semakin membuat orang lain bingung dan semakin membenarkan cara pembaptisan yang kita pake.
mari kita perhatikan terlebih dahulu apa istilah atau pengerian baptisan.
1.Pengertian Baptisan
Dalam bahasa yunani, kata 'Bapto' artinya bisa 'mencelupkan di dalam atau dibawah' atau bisa juga berarti mencelupkan bahan-bahan untuk memberi warna baru, sedangkan `'Baptizo' bisa berarti 'membenamkan', 'menenggelamkan' atau 'membinasakan.' Tetapi, baptizo juga bisa berarti 'masuk dibawah' atau 'dipengaruhi', dan dalam suasana helenisme juga diartikan sebagai 'mandi' atau 'mencuci.'
Perjanjian Lama
Dalam Perjanjian Lama, ada istilah 'Baptein' dalam LXX yang dalam bahasa Indonesianya adalah 'mencelupkan kakinya ke dalam air' (Yos.3:15), 'mencelupkan jari ke dalam darah itu' (Im.4:6,17), 'dimasukkan ke dalam air' (Im.11:32), dan Naaman 'membenamkan diri' ke sungai Yordan (2Raj.5:14).(dikutif dari artikel www.yabina.org)
Dalam PL, adat basuhan menunjukkan ritus 'penyucian' atau 'pengudusan', dan basuhan itu bukan lambang melainkan alat pengudusan itu sendiri. Jadi air itu dianggap mempunyai kekuatan magis untuk 'penyucian' sehingga seperti dalam kasus Naaman harus dilakukan sampai tujuh kali.(dikutip dari www.yabina.org)
istilah `dimasukkan,ditenggelamkan memang dapat memberi pengertian dari istilah baptisan. namun hal ini telah ditafsirkan oleh beberapa gerakan-gerakan baptisan selam sebagai bukti bahwa baptisan selam kedalam air lebih tepat atau lebih benar dan sah untuk melakukan upacara pembaptisan. benarkah?
hal tersebut hanyalah penafsiran yang tidak tiliti akan makna ditenggelamkan atau makna di masukan. apakah yang dimaksudkan dari ditenggelamkan atau dimasukkan kedalam air adalah mutlak kedalam air? apakah karna makna atau pengertian kata baptisan dari kata baptizo yang berarti dimasukan, maka itu berarti upacara pembaptisan adalah masukkan kedalam air?
mari kita lihat terlebih dahulu apa pengertian baptisan berdasarkan Elemen-elemen yang dipakai untuk memperoleh suatu hal yang berhubungan dengan baptisan.
2. Makna Baptisan berhubungan dengan Elemen apa yang dipakai sesuai dengan pengertian tentang baptisan itu sendiri yang berarti di masukan.
a. Pengertian makna Baptisan dari baptisan Yohanes.
Yohanes pembaptis membaptis orang-orang pada saat itu dengan menggunakan air. berhubungan dengan pengertian baptisan yang bisa berarti dimasukan, dimasukkan dibawah dll walaupun belum jelas apakah pengertian baptisan yang dilakukan Yohanes pembaptis adalah menenggelamkan, atau dimasukkan kedalam air secara utuh atau tidak. karena istilah keluar dari air bisa berarti dari `area` air. tapi kita tidak membahas tentang hal tersebut.
yang kita bahas adalah bahwa baptisan yang dilakukan Yohanes adalah baptisan memasukan (Baptizo) seseorang kedalam pengalaman tanda pertobatan atau lambang pertobatan dengan menggunakan air. apakah itu proses menenggelamkan atau mencuci bukan menjadi permasalahan baptisan Yohanes karena yang menjadi permasalahan adalah untuk apa mereka dibaptis dan menggunakan apa mereka dibaptis. dalam hal ini Elemen baptisan yang dilakukan Yohanes adalam Air yaitu dimasukan kedalam air atau dicuci dengan air sebagai lambang pertobatan. jikalau baptisan Yohanes menggunakan cara dimasukkan kedalam air itupun suatu pengalaman yang memasukkan kedalam air sebagai lambang pertobatan. sekali lagi Air hanya merupakan elemen yang dipakai Yohanes dalam melaksanakan upacara pembaptisan. apabila pengalaman yang digunakan oleh Yohanes pembaptis dalam membaptis menurut pengertian dimasukan kedalam air maka kalimatnya akan menjadi seprti ini " aku (membaptis/memasukkan)kamu kedalam Air sebagai tanda pertobatan..."(MAT.3:11) perhatikan bahwa Yohanes menggunakan air `mungkin` dengan cara dimasukan didalam air sebagai tanda pertobatan.tetapi pengertiannya tetap dimasukkan kedalam air sebagai lambang pertobatan. namun apakah pengalaman ini yang memiliki istilah dimasukan kedalam air adalah sama dengan perintah Tuhan Yesus kepada murid-muridnya pada saat pernyataan amanat agung dimana perintah baptisa berhubungan dengan pengalaman yang dilakukan oleh Yohanes yang berarti di masukan `kedalam AIR`???...
hal ini akan dibahas pada poin yang terakhir karena kita akan melihat makna baptisan yang lain sesuai dengan elemen yang di pakai. apakah sama dengan baptisan Yohanes?
b. Pengertian makna baptisan dari baptisan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus (baptisan Roh dan api)
Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.LUKAS 3:16
perhatikan hal ini dengan baik. Yohanes membaptis (memasukan) kedalam AIR sebagai lambang pertobatan.
bagaimana dengan baptisan Roh dan api.
Yesus Membaptis (memasukkan) seseorang kedalam ROH bukan air. dan istilah Api lebih mengarah kepada penyucian sehingga Yesus membaptis (memasukkan) seseorang kedalam pengalaman penyucian yang dilambangkan dengan API.
apakah ada perbedaan istilah baptisan yang berarti `dimasukkan kedalam` atau dicuci dengan` dari pengalaman Yohanes pembatis dengan pengalaman baptisan ayang dilakukan oleh Yesus Kristus? jawabannya `tidak` sebab baptisan Yohanes mungkin dimasukkan kedalam Air atau di cuci dengan air. namun Baptisan yang dilakukan oleh Yesus adalah dengan memasukan seseorang didalam Roh bukan air. jadi istilah baptisan Yohanes sudah berbeda jauh dengan istilah baptisan yang dilakukan oleh Yesus Kristus. Yohanes membabtis (memasukan) seseorang kedalam air sedangkan Yesus membaptis (memasukan) seseorang kedalam unsur Spiritualitas dan penyucian.
bagaimana dengan baptisan yang harus dijalankan oleh orang percaya pada masa perjanjian baru? apakah seperti pengalaman baptisan yang dilakukan Yohanes pembaptis, dimana membaptis (memasukkan) seseorang kedalam air, ataukah kedalam apa..?
c. Pengertian makna baptisan pada saat amanat Agung Yesus Kristus kepada murid-muridnya.
apakah makna baptisan yang diperintahkan Yesus kepada murid-muridnya mengarah mutlak kepada Elemen air dan pengalaman dimasukkan kedalam air? seperti yang dilakukan Yohanes?
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,Mat.28:19
jikalau Yohanes pembaptis membaptis dengan menggunakan air yang berarti dimasukan kedalam air sebagai lambang pertobatan. dan Yesus membaptis dengan menggunakan Roh dan Api sebagai lambang penyucian dengan cara memasukan seseorang kedalam Roh dan dalam penyucian.
maka, istilah yang ada didalam Matius 28:19 menyatakan "Baptislah (memasukan) mereka kedalam..." sangat berbeda dengan istilah pembaptisan Yohanes yaitu Membaptis (memasukkan) seseorang kedalam air.
jikalau Yohanes membaptis (memasukan) seseorang kedalam air. maka, perintah baptisan mengenai baptislah mereka dalam `nama Bapa dan Anak dan Roh kudus adalah membaptis (memasukkan) seseorang/mereka ~kedalam~ nama Bapa dan Anak dan Roh kudus..bukan makna kedalam air (walaupun lebih baik menggunakan air sebagai wadah pembaptisan) tetapi Elemen pembaptisan bukanlah mengarah kepada Air melainkan kepada atau kedalam nama Bapa dan Anak dan Rohkudus. lihat perbedaannya sangat jelas. Yohanes memasukan atau mencuci seseorang dengan menggunakan air maka Baptisan amanat agung adalah baptisan memasukkan seseorang bukan makna kedalam air melainkan memasukkan seseorang kedalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus.
ada juga istilah baptisan yang terjadi di zaman perjanjian lama yang dinyatakan melalui Rasul paulus.
Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudara-saudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di bawah perlindungan awan dan bahwa mereka semua telah melintasi laut.Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.1 korintus 10:1,2
istilah membaptis dalam awan dan dalam laut. bukan berarti mereka dibaptis atau dimasukkan kedalam awan atau dalam laut. ini berarti istilah baptisan tidak harus memiliki pengertian dimasukkan atau ditenggelamkan. jika itu pengertian mutlak maka apa yang terjadi pada saat bangsa israel sedang melintasi laut teberau dan langsung dimasukkan atau ditenggelamkan kedalam lau? saya yakin anda dapat menganalisanya.
ini berarti istilah baptisa begita banyak pengertian yang sangat mendalam.
kesimpulan.
1. baptisan air. tidak ada hubungan mutlak harus didalam air. karena bisa didalam air, bisa didalam Roh bisa didalam nama Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus sebagai lambang pemetraian nama Allah kepada seseorang. karena jika harus didalam air maka apa yang terjadi dengan bangsa Israel pada saat melintasi laut teberau?
2. kenapa disebut baptisan air? karena air dijadikan suatu wadah yang dipakai dalam upacara pembaptisan. apakah bisa menggunakan wadah lain selain air? jawabannya adalah wadah tidak menjadi hal yang mutlak. Air digunakan karena melambangkan Roh Kudus.
3. Baptisan Yohanes, Baptisan yang dilakukan Yesus, dan Baptisan amanat agung (baptisan orang percaya/gereja) memiliki elemen elemen yang berbeda.
baptisa Yohanes menggunakan Elemen Air dengan wadah air sebagai lambang pertobatan.
baptisan yang dilakukan Yesus menggunakan Elemen Roh dan api dengan Wadah Roh dan Api.sebagai pengalaman penyatuan Gereja atau Tubuh Kristus dan penyucian.
Baptisan Amanat agung / orang percaya menggunakan Elemen Nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. sebagai lambang pemetraian nama Allah Bapa dan Allah anak dan Allah Roh Kudus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar